Jumat, 11 Mei 2018

7 MANFAAT TANAMAN KELAPA SAWIT


7 MANFAAT TANAMAN KELAPA SAWIT

Tumbuhan Kelapa Sawit
    Kelapa Sawit adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunan yang menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.
    Namun masih banyak lagi manfaat dari kelapa sawit ini, yang mungkin banyak masyarakat dan petani kelapa sawit yang belum mengetahuinya, apa sajakah manfaat itu?? mari kita simak.

7 Manfaat Tanaman Kelapa Sawit.

1. Kelapa Sawit.

     Seperti banyak yang umum kita ketahui kelapa sawit adalah bahan baku untuk membuat minyak goreng, bahan bakar biodiesel, mentega, sabun dan banyak lagi. yang diolah dari daging buah kelapa sawit yang di proses secara industri dan manual, kelapa sawit banyak di olah di Indonesia untuk menjadi minyak mentah kelapa sawit lalu di ekspor ke luar Negri untuk menjadi minyak goreng atau menjadi bahan siap pakai.

2. Inti Kelapa Sawit (Kernel)

    Inti Sawit atau yang biasa di sebut dengan kernel ini juga sangat besar manfaatnya dan nilai jual yang tinggi, inti sawit ini berada di bagian paling dalam buah kelapa sawit, inti sawit ini banyak di proses menjadi minyak putih, atau yang disebut Palm Kernel Oil yang memiliki kualitas minyak goreng terbaik, dan ampas dari hasil akhir dari inti sawit ini juga bermanfaat untuk menjadi pakan ternak alternativ yang memiliki protein cukup baik, dan banyak di minati para peternak di Indonesia dan Luar Negeri.


3. Cangkang Kelapa Sawit

   Cangkang kelapa sawit juga sangat bermanfaat dan memiliki nilai ekomoni yang tinggi, cangkang sawit banyak di gunakan pabrik - pabrik industri untuk menjadi bahan bakar boiler, tidak situ aja sekarang ini lagi booming pengolahan arang cangkang kelapa sawit untuk karbon aktif, arang cangkang sawit memiliki karbon aktif  dan color yang tinggi, banyak peminat dari luar negri terutama negara china yang banyak menggunakan karbon aktif untuk menjadi product - product industri.

4. Janjangan/Tandan Kelapa Sawit

   Janjangan Kelapa Sawit juga tidak  kalah pentingnya untuk menambah penghasilan dari tumbuhan kelapa sawit ini, janjangan kelapa sawit banyak diolah dan permentasikan untuk menjadi kompos atau media pertumbuhan jamur pakan, abu dari sisa pembakaran janjangan kelapa sawit ini juga sangat bermanfaat dan bernilai jual, abu dari sisa pembakaran janjangan sawit ini mejadi pupuk organik berkualitas.


5. Serat Buah Sawit ( Palm Fibber )


    Serat buah sawit atau yang biasa di sebut Palm Fiber ini juga menjadi nilai ekonomi yang menjanjikan, sebelumya Palm Fiber ini hanya menjadi bahan bakar PLTU di wilayah Medan Sumatera Utara, namun belakangan ini perusahaan - perusahaan pengolahan cocofiber membuat trobosan untuk menggantikan cocofiber dengan Palm Fiber, dimana Palm Fiber ini banyak ketersediaannya, tidak seperti cocofiber yang sangat sulit mencarinya. Palm Fiber banyak di gunakan untuk pengganti spons, seperti Tempat tidur, Sopa dan Jok mobil mewah.



6. Lidi Kelapa Sawit

   Lidi Kelapa Sawit ini dari dahulu juga kita semua sudah tau manfaatnya, yaitu untuk membuat sapu lidi, tapi siapa sangkat sapu lidi ini telah mendunia dan banyak permintaan dari luar Negri, Sekilas kelihatan sepele namun bisa menghasilan nilai ekonomi yang cukup lumayan. dan katanya lagi lidi ini menjadi bahan baku pembuatan Kalsibox di luar Negeri sana.


7. Pelapelah Kelapa Sawit.

     Pelepah Kelapa Sawit ini juga bermanfaat dan bisa menghasilkan nilai ekonomi juga, umumnya kita ketahui pelepah kelapa sawit di gunakan sebagai bahan bakar bagi warga sekitar perkebunan kelapa sawit. Namun sekarang ini masyarakat telah banyak memanfaatkan pelepah kelapa sawit ini menjadi bahan pakan ternak. dengan cara di giling dan di haluskan dengan mesin penggiling. 


     Nah itu dia 7 Manfaat dari tumbuhan kelapa sawit, Jadi bisa di bilang hampir seluruh tumbuhan kelapa sawit ini bermanfaat kecuali batang dan akar, mungkin kedepannya batang dari pohon kelapa sawit ini juga bisa di manfaatkan dan bernilai ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar