Sabtu, 07 September 2019

CARA MENGURANGI TINGKAT PENJAMURAN PADA CIPS ILES KERING

MENGURANGI TINGKAT PENJAMURAN PENGERINGAN ILES ILES

     Selamat datang kembali di blog Lintas Pemasaran Sumatera Indonesia.
diartikel kali ini saya akan memberikan tips agar hasil pengeringan iles iles via sinar matahari tidak mengalami banyak penjamuran, sebelum membahas topik utama saya akan memberitahukan apa saja yang menyebabkan penjemuran mengalami penjamuran.

1. Umbi Iles Terkena Air Hujan.
    Usahakan sebelum melakukan pengirisan hindari umbi dari tempat terbuka yang bisa terkena hujan, karena umbi iles akan meresap air hujan dan mengakibatkan kadar air meningkat.

2. Embun Pagi
    Embun pagi sangat berpotensi untuk menimbulkan jamur pada penjemuran iles iles.

3. Umbi Terlalu Lama Dibiarkan
    Umbi iles yang terlalu lama dibiarkan sebelum diiris akan mengalami pembusukan, umbi yang mulai membusuk sangat mudah berjamur.


4. Kurangnya Sinar Matahari
    Kurangnya sinar matahari sangat mengganggu proses penjemuran, memperlambat pengeringan sehingga iles yang dikeringkan mengalami penjamuran.

Nahh.. itulah beberapa rangkuman sebab musabab terjadinya penjamuran pada saat proses pengeringan menggunakan sinar matahari.
Oke,, kita akan lanjutkan ke topik utama bagaimana cara mengurangi tingkat penjamuran saat proses pengeringan iles iles.

1. Media Penjemuran.
    Untuk mendapatkan hasil penjemuran yang baik media penjemuran sangat berperan penting.
Media penjemuran yang baik yaitu menggunakan anjang - anjangan, anjangan dibuat setinggi minimal 1m diatas tanah, dan lantai anjang anjang menggunakan jaring agar air pada umbi menetes kebawah.


2. Media Penutup.
    Agar tidak terjadi penjamuran maka anjangan penjemuran harus ditutup untuk menghindari hujan, dan embun pagi. Media penutup disarankan menggunakan Plastik PE, karena plastik PE akan mengikat embun dan tidak menetes langsung ke penjemuran.

3. Waktu Pengirisan dan Penutupan.
    Waktu yang baik saat proses pengirisan adalah pagi mulai jam 8 s/d jam 01 siang. dan proses penutupan dilakukan setelah umbi iles yang telah di jemur dingin. jangan di tutup saat umbi iles masih hangat atau panas, akan menimbulkan uap dan embun.

4. Pemijaran
    Untuk mengurangi tingkat penjamuran trik ini juga sangat baik, dimana iles akan cepat kering dan juga tidak berjamur. letakkan lampu pijar 200watt di anjangan yang tertutup, trik ini sangat baik untuk mendapatkan hasil yang baik, siang proses penjemuran menggunakan sinar matahari dan malam menggunakan sinar pijar.

Demikian beberapa cara untuk mengurangi tingkat penjamuran pada umbi iles, semoga bermanfaat.
dan jangan lupa ikuti terus blog Lintas Pemasaran Sumatera Indonesia untuk mendapatkan info info menarik lainnya. Terimakasi.


3 komentar:

ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^

Posting Komentar