Sabtu, 05 Mei 2018

PUPUK ORGANIK SUPER KALIUM (K2O)

PUPUK ORGANIK ABU JANJANGAN SAWIT (ABJ)
SAHABAT PETANI MURAH BERKUALITAS


       Abu Janjangan Sawit atau kerap kali di singkat ABJ ini Menjadi idola para Petani perkebunan kelapa sawit untuk penyuburan tanaman dan lahan tanam. Penggunaan pupuk organik ABJ secara rutin akan semangkin meningkatkan kesuburan tanah dan hasil panen setiap tahunnya. Bahkan peningkatan hasil panen bisa mencapai 10 hingga 20% dari sebelumnya. Namun tidak banyak petani yang menggunakan pupuk organik ABJ ini, selain keterbatasan produk juga ketidakpahaman petani terhadap pupuk organik Kalium ini. Perusahaan - perusahaan yang memproduksi pupuk juga banyak melirik ABJ ini untuk menjadi bahan baku utama atau menjadikan sebagai campuran pelengkap K2O. karena ABJ ini memiliki hara yang sangat baik untuk tanaman.

     ABJ termasuk Pupuk Organik yang langka karena keterbatasan produksi walaupun tergolong sangat mudah cara memproduksinya namun tidak banyak juga yang mengelolah ABJ ini, ABJ ini hanya banyak di olah oleh sebahagian warga saja yang mengerti kegunaan dan manfaat dari Abu Janjangan Sawit ini dan pengolahan ABJ ini hanya banyak terdapat di Wilayah Sumatera Utara,

Bagaimana Cara Memproduksinya???

     Untuk menjadi pupuk ABJ ini tidaklah sulit, dari janjangan buah sawit yang sudah di proses oleh perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit lalu di bakar menggunakan incenerator maupun secara manual. Namun memproduksi secara manual itu akan mengurangi kualitas atau kalium yang terkandung di dalam ABJ tersebut. Setelah seluruh Janjangan sawit terbakar menjadi, lalu di diamkan beberapa jam dan pastikan tidak terkena air. setelah itu di ayak menggunakan ayakan khusus Abu Janjangan Sawit lalu di kemas dalam karung yang berlapisi plastik dan dijahit menggunakan mesin jahit karung. Namun harus tetap berhati - hati dan gunakan peralatan kerja yang sesuai untuk menghindari iritasi dari ABJ ini.

Manfaat dan Kandungan ABJ

      Manfaat Abu Janjangan Sawit untuk tanaman itu sangat baik atau lebih tepatnya tanaman membutuhkan kalium untuk kesuburan tanaman.

Adapaun manfaat dari ABJ yaitu :
  1. Menaikan PH Tanah
  2. Mengontrol Penyerapan Air Pada Tanaman
  3. Meneguhkan Akar dan Batang
  4. Meningkatkan kesuburan daun
  5. Meningkatkan Hasil Panen Hingga 20%
  6. Menyuburkan Lahan Tanam

Adapun kandungan ABJ yaitu :
  1. K2O              : 30 - 40%
  2. P2O5             : 7%
  3. CaO               : 9%
  4. MgO              : 3%

 Cara pemupukan juga sederhana, cukup di taburkan sekita 1m dari batang sebanyak 3kg/Pohon dan 5kg/Pohon untuk lahan gambut ( untuk tanaman kelapa sawit) untuk tanaman keras lainnya cukup di taburkan secukupnya disekitar batang.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pupuk ABJ
    Untuk mendapatkan Pupuk ABJ sedikit lebih sulit karena tidak banyak yang mengelolah ABJ ini, dan pemesanannya juga secara indent, tidak tersedia kapan saja, harga ABJ tidaklah mahal, bisa di bilang Murah dan kualitas Baik.
    ABJ di pasar hanya seharga Rp. 1.250/kg jauh di harga pupuk-pupuk kimia yang beredar yang kualitas setara dengan ABJ ini. ABJ setara dengan pupuk KCL yang membedakannya adalah Organik dan Kimia.
Untuk Info dan Pemesanan Hubungi :
Contact :
Telp/SMS/WA : 0853-5926-0121 a/n Satriawan.
                         : 0821-6675-5752 a/n  Sri Angelina


4 komentar:

Lokasi :
jl. Desar Nagatimbul Dusun IV
Kec. Tanjung Morawa
Kab. Deli Serdang
Medan - Sumut
Lanjut ke WA aja mas. 0853 5926 0121

Kalo belibabj 1 karung bisa gak?

Posting Komentar